Negara Dengan Waktu Puasa Tercepat Hingga Terlama Seluruh Di Dunia


Negara Dengan Waktu Puasa Tercepat Hingga Terlama Seluruh Di Dunia


Puasa adalah rukun islam ketiga dan merupakan  suatu kewajiban bagi umat muslim baik tua maupun muda  di seluruh belahan bumi manapun.Dengan kita berpuasa, kita diajarkan untuk menahan nafsu lapar, dahaga, dan nafsu birahi.Selain itu,dengan berpuasa kita juga belajar tenggang rasa dan toleransi kepada sesama umat manusia yang tidak bisa makan sehari-harinya, kita dapat merasakan penderitaan mereka, dan itu juga mengajarkan kita untuk bersyukur.

Okee, kita lanjut...

Setelah apa yang sudah saya uraikan di atas tentang manfaat puasa secara sekilas, saya akan berbagi dengan sahabat semua tentang Negara Dengan Waktu Puasa Tercepat Hingga Terlama Seluruh Di Dunia. Di belahan bumi ini kita melakukan puasa tidak dalam waktu yang sama. Mengapa? Karena adanya perbedaan waktu di setiap belahan bumi. Perbedaan waktu atau durasi puasa ini disebabkan karena perputaran Bumi dalam mengelilingi Matahari tidaklah lurus tapi miring. Hal ini membuat pada waktu tertentu, Maret hingga September, negara-negara di belahan bumi utara menerima cahaya matahari lebih lama dari yang di selatan. Sementara pada periode Oktober - Februari negara-negara di belahan selatan menerima cahaya matahari lebih lama dari yang di utara.

Selain itu, sumbu bumi berputar tidak selalu tetap sehingga mengalami kemiringan yang berubah. Perubahan kemiringan sumbu putar bumi inilah yang menyebabkan perubahan musim pada setiap negara. Puasa dimulai setelah fajar ditandai dengan azan subuh dan berakhir saat matahari terbenam yang ditandai dengan berkumandangnya azan magrib.

Yuk simak

1. Antartika, Chilli dan negara Amerika Selatan Waktu Puasa yaitu Selama 9 Jam


Negara Dengan Waktu Puasa Tercepat Hingga Terlama Seluruh Di Dunia

Jika selama ini kamu berpikir kalau berpuasa di Tempat dingin itu menyenangkan, sepertinya kamu bisa pergi ke Casey Station, salah satu kawasan terbesar di benua salju abadi Antartika. Di Antartika, imsak dimulai pukul 06.30 dan berbuka pada pukul 15.48 sore. Negara ini mempunyai waktu puasa yang tersingkat hanya 9 jam, tapi mungkin udaranya itu yang membuat kamu tidak tahan. So, jangan lupa pesan ku, bawa mantel tebal yang banyak ya!!

2. Australia Barat Waktu Puasa yaitu 11 Jam 59 Menit

Negara Dengan Waktu Puasa Tercepat Hingga Terlama Seluruh Di Dunia

Kalau Sobat Gugel ingin mencoba berpuasa di negara tetangga namun tak jauh dari Indonesia, Austraia adalah pilihan yang cukup tepat. Menjalani puasa Ramadan di Perth dan kawasan Australia Barat, maka kamu akan menemui imsak pukul 05.42 dan siap untuk berbuka pada 17.41 petang. Beda-beda tipis dengan puasa di Indonesia.

3. Indonesia dengan waktu puasa 13 jam

Negara Dengan Waktu Puasa Tercepat Hingga Terlama Seluruh Di Dunia

Nah ini dia, negara tercinta kita "INDONESIA". Bagi umat muslim di Indonesia, menjalani ibadah puasa dengan menahan diri dari haus dan lapar selama 14 jam bisa dikatakan tidak terlalu berat. Yaaa Indonesia adalah negara dengan puasa yang paling wajar. Tinggal di negara beriklim tropis membuat umat islam tidak perlu berlama-lama saat menjalani ibadah puasa. Rata-rata, di Indonesia umat Islam berpuasa sekitar 14 hingga 15 jam setiap harinya. Orang Indonesia akan menemui imsak pada pukul 04.52 dan berbuka puasa pada 17.55 sore. Tergantung di wilayah Indonesia mana ia tinggal. Nah, maka itu berarti kamu hanya setengah hari menahan hawa nafsu termasuk lapar dan haus, hebat!

4. Arab Saudi, Lama Puasa Selama 14 Jam

Negara Dengan Waktu Puasa Tercepat Hingga Terlama Seluruh Di Dunia


Kalau kamu memilih melakukan ibadah umroh saat bulan suci Ramadan. maka kamu harus bersiap-siap untuk melakukan puasa lebih panjang dari yang biasa kamu lakukan di Indonesia. Karena Mekkah memulai imsak pada pukul 04.31 dan baru berbuka pada 19.01 malam. Negara tujuan haji dan umrah bagi umat Islam ini ternyata memiliki durasi puasa selama 14 jam 30 menit. Lebih lama dibandingkan dengan waktu puasa di Indonesia. Buat sahabat Gugel yang ingin pergi umrah ke Arab Saudi, kalian harus lebih mempersiapkan diri untuk berpuasa lebih lama. Puasa sambil menunaikan ibadah umroh sungguh kesempatan yang sangat indah, sehingga lamanya waktu puasa mudah-mudahan tidak mengurangi stamina tubuh kita. Sahabat hanya perlu menyiapkan fisik dan membawa suplemen multivitamin agar mampu beribadah dengan maksimal.

5. Jepang dengan waktu puasa 15 jam 37 menit

Negara Dengan Waktu Puasa Tercepat Hingga Terlama Seluruh Di Dunia

Negara indah yang memiliiki julukan negeri sakura dan negeri matahari terbit ini, juga memiliki waktu puasa yang cukup lama loh sahabat gugel. Muslim di Jepang disebutkan memulai puasa saat imsak pukul 03.11 dan baru akan berbuka pukul 18.47 nanti. Berani mencoba untuk berlibur saat bulan Ramadhan di Jepang?

6. Amerika Serikat dengan waktu puasa 16 jam

Negara Dengan Waktu Puasa Tercepat Hingga Terlama Seluruh Di Dunia

Membayangkan bisa menjalani ibadah puasa di Kota super megapolitan ini pasti menyenangkan. Namun, sahabat Gugelmania semua perlu tahu bahwa puasa di Amerika Serikat baru dimulai sejak pukul 04.25 hingga pukul 20.12 malam. Totalnya selama 15 jam 47 menit kita harus menahan haus dan lapar. Kalau di Indonesia sih itu sudah selesai sholat tarawih ya sahabat. Tapi, kalau waktu selama itu tidak masalah bagi kamu, waktu ngabuburit yang panjang bisa diisi dengan berjalan-jalan. Siapa tahu kamu beruntung karena dapat bertemu selebriti Hollywood secara tidak sengaja. hihihi

7. Inggris dengan waktu puasa 17 jam 45 menit

Negara Dengan Waktu Puasa Tercepat Hingga Terlama Seluruh Di Dunia

Apa kalian ingin berpuasa di Negara "The Black Country"? Hmm, jika kalian berpuasa di negara tersebut kalian harus siap berpuasa selama 18 jam 5 menit di negeri dengan sistem kerajaan ini. Saat kita masih tertidur, muslim di Inggris harus menyudahi sahur mereka pada pukul 02.45 dini hari dan baru boleh berbuka pada pukul 20.50 malam. Pada waktu yang sama, di Indonesia, kita sudah selesai salat tarawih dengan perut kenyang setelah berbuka. Bagi sahabat Gugelmania yang berada di Inggris saat Ramadan, semoga sabar dan tetap semangat!! Dan semoga saja tak saat musim panas ya.

8. Rusia dengan waktu berpuasa 19 jam

Negara Dengan Waktu Puasa Tercepat Hingga Terlama Seluruh Di Dunia

Negara kedua terakhir yang mengalami waktu puasa terlama adalah Rusia. Negara yang membentang di sebebelah timur Eropa dan utara Asia ini terkenal memiliki industri peralatan militer yang lengkap dan suhu yang dingin. Bagi muslim Indonesia akan cukup berat jika harus berpuasa di Rusia. Di sini, waktu puasa selama 19 jam 57 menit. Muslim Rusia harus bangun sahur pada pukul 01.46 dini hari dan berbuka puasa saat pukul 21.43 malam. Rusia memiliki provinsi dengan jumlah muslim terbesar di Provideniya. Sepertinya muslim di Provideniya sudah sangat terlatih berpuasa dengan waktu selama itu di tengah cuaca yang dingin.

9. Skandinavia waktu puasa terlama di dunia yaitu 21 jam

Negara Dengan Waktu Puasa Tercepat Hingga Terlama Seluruh Di Dunia

Ini dia negara terlama waktu puasanya, 21 jam. Wah, ini sih namanya rekor ya. Negara-negara skandinavia misalnya Denmark, Swedia, finlandia dan norwegia tengah memasuki musim panas dan matahari terbit sangat lama yaitu 21 jam (1 hari kurang 3 jam), hal ini menjadikan puasa di wilayah ini merupakan puasa terlama di dunia. Walaupun waktu puasa berlangsung sangat lama, ternyata ada yang mampu bertahan dan sebagian umat muslim disana mengikuti waktu berbuka puasa Arab Saudi. Banyak ulama memperbolehkan umat muslim disana untuk berbuka di waktu yang sama dengan Arab Saudi atau Turki. Jika kalian berpuasa di sini, kalian akan mulai sahur pada pukul 03.00 dan berbuka puasa pada pukul 12 malam. Bisa dibayangkan, beberapa jam saja setelah Tarawih, kalian harus kembali sahur. Hayoo sahabat Gugel, sanggupkah kalian berpuasa di negara ini?

2 Komentar untuk "Negara Dengan Waktu Puasa Tercepat Hingga Terlama Seluruh Di Dunia"

  1. rusia adalah yang paling tidak saya bayangkan. berat sekali.

    BalasHapus
  2. Betul gan. Bersyukurlah kita di negara Indonesia, durasi waktu puasanya di posisi yg sedang2 saja. :D

    BalasHapus

Iklan Bawah Artikel