Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Sering Menatap Layar Laptop


mengatasi Mata Lelah Karena Sering Menatap Layar Laptop

Semakin berkembangnya teknologi saat ini Laptop dan gadget sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.apalagi untuk para Netizen. Namun tahukah anda? Terlalu banyak menggunakan laptop dapat membuat mata anda mengalami kelelahan yang akhirnya dapat membuat mata mengalami beberapa gangguan seperti mata merah , berkedut hingga penglihatan yang mulai kabur. Hal tersebut jika terus-menerus dibiarkan tanpa ada tindakan dan perhatian lebih lanjut, dapat mengancam kesehatan mata anda, anda tentu tidak ingin jika mata anda mengalami kerusakan. 

Bagaimana Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Sering Menatap Layar Laptop ?
Berikut ini kami sajikan beberapa Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Sering Menatap Layar Laptop :

1. Beristirahat
Menatap layar monitor terlalu lama dapat menyebabkan Mata kita menjadi tegang. Untuk itu, saat mata merasa lelah, ada baiknya jika anda segera beristirahat meskipun sejenak. Ambilah istirahat kecil, entah berjalan-jalan kecil atau mengalihkan pandangan anda pada objek lain , agar mata anda tidak terlalu lelah.

2. Berikanlah Jarak Dengan Layar Monitor
Menatap layar monitor dengan terlalu dekat tidak hanya berpengaruh pada kesehatan mata, area punggung dan Pergelangan leher anda pun dapat terganggu karena pegal dan rasa sakit.  Untuk itulah , berikanlah jarak antara tempat duduk anda dengan layar monitor anda. Buatlah posisi senyaman mungkin agar anda tidak harus bekerja ekstra dengan menjulurkan leher pada bagian monitor karena objek pada monitor yang tidak terlihat dengan jelas.

3. Kendurkan Otot Mata
Setelah seharian berada di depan laptop, mata anda akan menjadi merasa lelah.Untuk itu, kendurkan otot-otot mata dengan cara menggosok-gosokan kedua telapak tangan yang kemudian akan menghasilkan efek panas, setelah itu tempatkan jari-jari tangan yang terasa panas pada daerah atas mata. Rasa panas tubuh tersebut akan membuat otot-otot mata menjadi lebih rileks.

4.Sesuaikan Kecerahan Layar Laptop Anda
Layar laptop yang terlalu cerah juga dapat membuat mata anda mudah merasa lelah. Sebaiknya atur kecerahan pada layar monitor Laptop atau notebook anda, usahakan untuk tidak terlalu Cerah, agar mata anda tidak cepat merasa lelah.

5.Gunakan Kacamata Anti Silau
Salah satu alternatif untuk mengatasi kecerahan yang berlebih pada layar monitor anda. Tidak ada salahnya mencoba cara lain dengan menggunakan kacamata anti silau. Agar mata anda senantiasa terjaga dari paparan cahaya yang terlalu kontras.

6.Lakukan Pijat Mata
Cara lain yang lebih nyaman adalah dengan rutin memijat bagian mata saat menjelang tidur. Cobalah gerakan memijat bagian kelopak mata dengan lembut dengan gerakan melingkar selama kurang lebih dua menit. Memijat adalah salah satu cara untuk mengendurkan otot mata yang tegang.

7.Kedip-Kediapkan Mata
Berkedip adalah salah satu cara yang paling sederhana untuk membuat mata anda kembali segar. Saat mata anda merasa lelah, usahakan untuk mengkedip-kedipkan mata untuk memulihkan rasa lelah pada mata anda. Meski sederhana,cara ini banyak dipilih untuk memulihkan kesehatan mata.

8.Rutin Periksakan Mata
Cara terakhir Mengatasi Mata Lelah,dengan memeriksa mata anda, Meski anda tidak berkacamata, tetapi  tidak ada salahnya untuk sesekali memeriksakan kesehatan mata anda. Hal tersebut adalah cara terbaik untuk mendeteksi berbagai penyakit yang berkaitan dengan mata anda.
Mata adalah salah satu panca indera paling penting. Selain itu, mata juga adalah jendela dunia. Dengan mata yang sehat, keindahan dan warna-warni dunia bisa anda lihat. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan mata adalah sebuah keharusan agar mata anda tetap sehat dan berfungsi dengan dengan baik.

Semoga Bermanfaat :)

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Sering Menatap Layar Laptop"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel